Bintangmu Bintangku





Sya na na na na mana bintangmu
Sya na na na na ini bintangku

...................................
Masih ingat lagu Heidy Diana tahun 80-an. Lagu jadul, masgul, mang Dul, jaman saya masih SD yang fenomenal dan meriah :-)

Masa-masa remaja dulu, jika sedang jatuh cinta atau kepahitan sedang menimpa, kayaknya majalah Gadis atau Anekayess jadi buruan. Apalagi yang diburu kalau bukan ramalan bintang atau dalam bahasa Yunani disebut Zodiak. Mungkin remaja sekarang atau bahkan yang sudah menua juga begitu, senang sama ramalan2 bintang. Malah lebih dimudahkan untuk urusan ramalan bintang ini, tinggal Ketik Reg Bintang…kirim ke…bla bla bla….

Dari wikipedia saya dapatkan bahwa Zodiak (dari kata Yunani Zoodiacos Cyclos yang artinya Lingkaran Hewan) adalah sebuah sabuk khayal di langit dengan lebar 18° yang berpusat pada lingkaran ekliptika, tetapi istilah ini dapat pula merujuk pada rasi-rasi bintang yang dilewati oleh sabuk tersebut, yang sekarang berjumlah 13. (lingkaran ekliptika adalah garis khayal yang terdapat di bola langit).

Sedangkan ilmu yang menghubungkan antara gerakan benda-benda tatasurya (planet, bulan dan matahari) dengan nasib manusia dinamakan Astrologi. Karena semua planet, matahari dan bulan beredar di sepanjang lingkaran ekliptik, otomatis mereka semua juga beredar di antara zodiak. Ramalan astrologi didasarkan pada kedudukan benda-benda tatasurya di dalam zodiak.

Seseorang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal kelahirannya. Misalnya, orang yang lahir awal desember akan berzodiak Sagittarius, Karena pada tanggal tersebut Matahari berada di wilayah rasi bintang Sagittarius. Kedudukan Matahari sendiri dibedakan antara waktu tropikal dan waktu sideral yang menyebabkan terdapat dua macam zodiak, yaitu zodiak tropikal dan zodiak sideral. Sebagian besar astrologer Barat menggunakan zodiak tropikal.

Beberapa waktu lalu, teman saya membahas masalah zodiak ini.
Dia membacakan zodiak saya yang Aquarius menurut sebuah sumber, entah saya tak tau sumber yang dia dapat dari mana asal muasalnya.

Begini sebagian cuplikannya :

Aquarians pada dasarnya merupakan karakter yang menyenangkan. Mereka dapat dipisahkan menjadi dua tipe prinsipal : satu pemalu, sensitif, lembut dan sabar; yang lainnya antusias, pamer diri, terkadang menyembunyikan karakter aslinya dalam kejenakaan. Kedua tipe tersebut sangat kuat antara satu dan lainnya dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, meskipun mereka seringkali mencari kebenaran atas segala hal, mereka biasanya cukup jujur unutk mengubah opini mereka, namun jika ada bukti sedikit saja yang dapat mendukung kesalahan mereka, mereka akan tetap bertahan pada argumentasinya. Mereka memiliki visi yang luas yang membawa beberapa factor perbedaan menjadi satu, dan dapat melihat dari kedua sisi dari suatu argument tanpa sungkan mengakui pada sisi mana sebenarnya mereka berpihak. Tentu saja hal ini menyebabkan mereka sangat toleran dalam berbagai sudut pandang yang ada. Hal ini disebabkan mereka dapat melihat kebenaran dari setiap argument, meskipun mereka tidak dapat menerima argument tersebut. Mereka mematuhi ungkapan Quaker yang ada "Terbukalah pada kebenaran, dari sumber manapun," dan mereka siap belajar dari setiap orang.

Pada umumnya mereka cukup cerdas, jelas dan logis. Kebanyakan memiliki imajinasi yang tinggi dan memiliki intuisi, hal ini yang menyebabkan Era Aquarius, yang sebentar lagi akan terjadi, dimulai dengan adanya lingkaran spiritual sebagai suatu era dalam hidup manusia yang akan memiliki kebangkitan dari sisi spiritual.

Aquarians biasanya menghargai kesempatan untuk hal-hal spiritual seperti meditasi, atau jika mereka religius, melakukan acara keagamaan. Bahkan dalam organisasi, aquarian terkenal sangat mandiri, menolak untuk mengikuti arus. Mereka tidak suka di intervensi oleh orang lain. Biasanya mereka memiliki selera yang baik dalam drama, musik dan seni, dan sangat memiliki bakat dalam kesenian, khususnya drama.

Beberapa hal negatif yang dimiliki biasanya adalah keunikan diri, egoisme, tendensi untuk menghindari kehidupan dan masyarakat, dan beberapa tendensi lain seperti terlalu dogmatis terhadap opini yang dimiliki. Aquarian dapat menjadi ancaman ataupun keuntungan bagi kemanusiaan secara umum.

Kemudian teman saya bertanya,dan terjadilah percakapan kecil :

Teman : ” Jadi Bu, percaya gak sama zodiak-zodiak itu?”
Saya : ” Segala hal yang bersifat ramalan nasib saya gak percaya, yang saya percaya adalah ilmu pasti seperti ilmu fengshui. ”
Teman : ” Nah, kalo gitu percaya dong ya sama pembacaan karakter zodiak?” (keukeuh pisan!)
Saya : ” Saya percaya yang baik baik aja. Kalo yang jelek-jelek, saya gak percaya ah. (curang mode on)
Teman : ” Kok gitu?”
Saya : ” Ya iya dong, masa ya iyalah. Saya kan gak mau dikatain begini “ Bintang Aquariooss ..suka makan laler ijooo...emangnya Sumanto?”
Teman : *&^*()%&

-End-

3 komentar:

  1. Bu The ...
    Kalo virgo kayak apa bu ... hehehe
    BTW thanks udah mau melink saya disini
    saya merasa terhormat ...

    Salam saya
    NH18

    (BTW ... David Foster ??? Earth Wind and Fire ... wuiiihhh gue banget ... )

    BalasHapus
  2. Ooo bintangnya Virgo tho Oom, sini saya ramal : virgo itu cerdas berpembawaan riang dan humoris, suka menolong, suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan serta rajin menabung..
    Ini dasa dharma, bukan??...:D:D

    Saya yang trimakasih lo sdh mengijinkan link nya.

    BTW: pengen denger Om nyanyi ... lagu2 EWF yaaa....

    BalasHapus
  3. EWF ???
    Pasti ...
    Do you remember ...
    ne ne ne ne ... September ...
    Paa dudu paaa dudu ... pa du du ...

    heheh ...
    aku nulis mengenai ini disini ...
    http://theordinarytrainer.wordpress.com/2008/08/12/september-%e2%80%93-fantasy/

    Dua lagu itu merupakan lagu kesukaan saya ...

    Salam saya bu ...
    NH18

    BalasHapus