Menunggu Izin dan Ridho


Musim haji sedikit lagi tiba. Kemarin saya sekeluarga berkunjung ke rumah teman suami saya yang akan berangkat haji minggu depan. Sebagai yang diundang kami hadir untuk memberikan dukungan dan doa bagi keselamatan beribadah haji bagi teman tersebut.

Sambil menikmati teh hangat ditengah gemerintik hujan di teras depan rumahnya, sang teman menyemangati kami berdua untuk segera menunaikan rukun islam kelima ini, mumpung masih muda dan masih punya fisik yang kuat. Kami mengiyakan, insya Allah, doakan kami.

Siapa sih yang tidak ingin berhaji? Saya kira semua muslimin dan muslimat pasti ingin. Namun keinginan saja tidak cukup. Perlu niat yang kuat untuk itu dan tentu saja izin dari Allah. Semampu apapun manusia memiliki modal yang cukup untuk berhaji, jika belum datang izin dan ridho Allah, maka hari yang ditunggu itu belum sampai kepadanya.

Ketika Gubernur Jabar memberlakukan kuota haji di tahun 2008 yang tadinya berdasarkan provinsi berubah menjadi masing-masing kabupaten/kotamadya, kedua orang paman saya harus menerima kenyataan pahit karena gagal untuk berangkat beribadah haji. Padahal calon jemaah sudah siap 1000%, manasik saja sudah berkali-kali dilakukan. Provinsi Jabar yang tahun ini memperoleh kuota haji sebanyak 37.366 hanya memberikan kuota yang kecil untuk kota Depok dan Bekasi yang hanya 1.900 orang saja. Dengan alasan, selama ini kuota yang diberikan untuk daerah tersebut banyak dimanfaatkan kuotanya oleh warga Jakarta untuk pindah domisili keberangkatan ke kota-kota di Jabar. Menurut saya keputusan ini kurang bijaksana, di saat 8.000 calon jemaah siap untuk berangkat harus terbatasi niatnya yang mungkin baru akan terlaksana dalam 4 tahun kedepan. Dan sangat tidak bijaksana keputusan ini diturunkan begitu mendadak.

Saya tahu ini merupakan pukulan berat bagi mereka yang gagal berhaji. Karena 3 tahun lalu hal ini menimpa Ibu saya. Tapi ini kesalahan saya yang lupa memindahkan tabungan Ibu saya yang seharusnya berganti ke tabungan haji. Saya lupa bertanya kapan penutupan pendaftaran. Akhirnya ketika tiba-tiba pemerintah mengumumkan bahwa quota telah habis, saya begitu tertohok. Astaghfirullah, khilaf...Dan atas izin Allah, Ibu saya akhirnya bisa beribadah haji di tahun depannya. Alhamdulillah. Berkaca pada peristiwa ini, mudah-mudahan paman saya ikhlas bahwa semua ini Tuhan yang mengatur.

Selidik punya selidik, mengapa kuota haji segera habis tanpa aba-aba dan tanpa transparansi jelas, ternyata pihak bank memberi talangan bagi calon jemaah yang sudah menabung di tabungan haji walaupun tabungannya masih kurang, sehingga bisa didaftarkan. Nantinya bank akan menghubungi calon jemaah, jika mereka sanggup menutup biaya tahun ini maka pendaftaran akan diteruskan, namun jika tidak sanggup, uang bank akan ditarik kembali dan calon jemaah tersebut akan berangkat tahun berikutnya sampai dia mampu menutup jumlahnya. Pantas saja saya tidak tahu....

Terlepas dari itu semua, banyak pesan moral yang Allah turunkan kalau mau kita memaknainya. Bahwa niat, kemampuan fisik & finansial tidaklah cukup. Jika Allah belum memberikan izin Nya, walau Dia sudah memanggil-manggil kita, maka akan seperti kedua paman saya tadi.
Setelah Allah berikan izin, lantas apakah Allah sudah meridhoinya? Dari mana biayanya dan bagaimana caranya kita bisa berhaji.

Mungkin kadang-kadang kita lupa bahwa apa yang dizinkan Nya – sehingga dapat terlaksana – belum tentu sama dengan apa yang diridhai-Nya. Contoh sederhana, seorang pegawai berniat untuk pergi haji namun belum mampu dalam finansial. Pada saat yang sama ia mendapat peluang untuk melakukan ‘sedikit’ penggelapan (misalnya me-mark up sesuatu). Jika ia memanfaatkan peluang itu dan berhasil artinya Allah mengizinkannya untuk melakukan hal tersebut (karena memang tidak ada sesuatu hal pun di dalam kehidupan ini yang bisa terjadi tanpa izinNya). Namun apakah itu berarti Allah ridho, apalagi uangnya akan digunakan untuk berhaji? Tentu saja tidak.

Bahkan seringkali kita dengar seorang tukang sapu di sebuah kantor tiba-tiba mendapat rejeki pergi berhaji dari kantornya, kita tidak bisa memperkirakan dari mana rejeki2 itu bakal mampir kepada kita. Hanya usaha dan doa yang bisa kita lakukan, selebihnya Allah pasti tak akan mengingkari janji Nya untuk kita, tinggal menunggu saat yang tepat.

Maka, ketika saya mengusulkan kepada suami saya untuk pindah domisili saja ke daerah yang banyak quotanya ketika mendaftar haji nanti supaya dapat segera berangkat, namun suami saya berkata, aku mau berangkat dengan cara yang baik, ketika Allah sudah mengijinkan dan meridhoi kita untuk datang ke rumah Nya. Astaghfirullah, subhanallah...aku manut, suamiku......

-End-

15 komentar:

  1. mudah mudahan saya juga berkesempatan kesana juga..
    Amin

    BalasHapus
  2. Saya merasakan ungkapan yang dalam di tulisan Anda ini.

    Sampaikan selamat pada suami, semoga yang terbaik yang ia dapat di tanah suci sana.

    Salam kenal, Ibu...

    BalasHapus
  3. Mas Iman : saya mendoakan mas bisa segera berhaji, amin ya robbal alamiin.

    Mas Donny : Terimakasih ya, semoga bisa terjalin pertemanan.

    BalasHapus
  4. = mas iman.
    Semoga kita juga diberi kesempatan untuk ke sana yha mbak.., Amin

    BalasHapus
  5. smoga bisa kesana amin
    http://asephd.co.cc

    BalasHapus
  6. Dek Viving & Kaka : Insya Allah ya, siapa tau kita bisa berangkat haji di waktu yang sama...amin

    BalasHapus
  7. Salam kenal Buthe, Bude, Bu Lu. Makasih sudah berkunjung ke rumah saya.

    Haji... Hm.. betul sekali yang dituliskan itu. Tanpa Izin dan Riho Allah rasanya berhaji pun gak akan menghasilkan apa-apa buat yang menjalankannya. Melihat hampir semua pejabat (tinggi) di Indonesia sudah ber haji (bahkan ada yg berkali-kali), kadang jadi heran, mengapa moral saat menjabat tak juga berubah...? Mengapa korupsi tetap aja jalan terus...? Mengapa gak pada peduli dengan nasib anak yati, dan kaun duafa..? Mengapa... banyak sekali tanya-tanya lain...?

    Semoga Buthe dan Suami akan mendapatkan menudaham, izin dan ridhonya untuk berhaji dan menjadi Haji yang Mabrur... Amin.

    BalasHapus
  8. Semoga kelak saya bisa diberi kesempatan ke sana...amin. *Nabung dulu ah...hehe*

    BalasHapus
  9. Mudah2an kita diberi kesempatan dan kesehatan untuk mengunjungi Baitullah... Amin...

    BalasHapus
  10. Mas Nug : mungkin esensi berhaji nya belum dihayati ke perilaku keseharian ya mas, sehingga budaya korupsi yg sudah mendarah daging tidak dianggap lagi sebagai sesuatu yang dapat meruntuhkan negara. Wallahu alam, semoga Allah senantiasa melindungi kita dari hal2 yg seperti itu. Amin.

    Busby : nyok nabung nyok...ikut ah...

    Bunda Mimi : moga kita bisa bertemu lagi tapi di kesempatan berbeda dan tempat yang beda (jangan di s'pore lagi, tapi di Mekah...:D) Amin

    BalasHapus
  11. Ibu Tetty ...
    Saya datang berkunjung kesini ...

    terima kasih telah datang ke tempat saya ya bu ...

    salam kenal saya

    BalasHapus
  12. Hai mbak... mudah-mudahan keinginan mbak dan keluarga terkabul. Saya juga memiliki keinginan yang sama.

    BalasHapus
  13. Suami mbak Tetty betul mbak...gak usah pindah pindah, baru berniat saja Allah sudah memberi jalan.Insya allah akan lebih nikmat dengan jalan yang memang sudah diatur,,,semua maksudnya baik...agar bisa terlayani dengan baik...Bunda doakan

    BalasHapus
  14. Terimakasih Bunda doanya. Semoga Allah mengabulkan.Amin

    BalasHapus
  15. wajar, Buthe dan keluarga
    ingin berhaji....semua
    hambaNya yg beriman so
    pasti ingin menjadi dhuyufur-rahman
    btw, semoga para haji Indonesia
    bisa menjadi teladan di
    tengah umat....amien

    BalasHapus